• February 5, 2023

Review: God of War Ragnarok Darah, Keringat, dan Pertarungan

God of War Ragnarok di rilis pada Rabu, 9 November 2022. Game ini di nilai bagus yang merata hampir di semua aspek. Mulai dari Pertarungan yang seru, lingkungan yang cantik yang tak habis-habis untuk di eksplorasi, visual karakter yang mendetail, dan latar belakang musik yang menggugah.

Setiap dimensi tersebut menunjang kekuatan game ini, cerita. God of War Ragnarok dengan kapasitas 84 gigabita di PS5 dan 106,9 gigabita di PS4 masih menceritakan soal Kratos. Terbit pertama kali di Playstation 2 di 2005.

Waralabanya bercerita mengenai Kratos sang panglima perang Sparta. Ia menggantikan Ares sebagai dewa perang dalam mitologi Yunani. Setelah malang melintang membunuhi dewa – dewi di olimpus dalam enam seri, ia pun hijrah ke Eropa Utara. Ia menikah dengan perempuan bernama Faye lalu memiliki putra bernama Atreus.

God of War bercerita mengenai perjalanan Kratos dan juga Atreus ke puncak tertinggi di sembilan alam atau nine realms dalam mitologi Nordik untuk menebar abu Faye. Pemain di sini juga akan mendapatkan kejutan di akhir game.

Mendiang Faye sebenarnya adalah raksasa yang berjuang membela rakyat dari penindasan Odin Sang Dewa tertinggi dan Thor sang raja petir. Dewa yang di budaya pop di sebutkan sebagai pahlawan tersebut menjadi tokoh antagonis di sini. Sementara, Atreus adalah titisan Loki, dewa muslihat yang berperan besar dalam perang akhir jaman, Ragnarok.

Review: God of War Ragnarok

Setelah menyelesaikan misi di God of War, Kratos dan Atreus kembali ke gubuk mereka di tengah hutan di Midgard. Sebuah dunia manusia di sembilan alam. God of War Ragnarok bertarikh tiga tahun setelah seri pendahulunya.

Di mulai di tengah musim salju yang tak berkesudahan atau Fimbulwinter. Dalam ramalan, musim tanpa matahari ini merupakan pengantar sebelum Ragnarok, perang besar yang mematikan banyak dewa, menenggelamkan seisi alam, serta melahirkan dunia baru yang lebih bersih.

Inilah kejeniusan sutradara Cory Balrog dan rekan-rekannya di Santa Monica Studio. Mereka dengan lihai memasukkan unsur asing, yaitu Kratos asal Sparta, tanpa mengubah inti cerita Ragnarok.

Loki, misalnya, dalam mitologi Nordik disebut keturunan raksasa–sejalan dengan kisah Atreus. Legenda menyebutkan Loki berperan dalam pembunuhan Dewa Baldur. Kematian anak Odin dan Freya itu menjadi penanda awal Fimbulwinter.

Saat tinggal di negeri para dewa, Loki berseteru dengan Heimdall. Dewa yang bisa membaca pikiran ini merupakan palang pintu Asgard dan pemegang sangkakala penanda mulainya Ragnarok. Di pertempuran akbar itu, Loki didampingi serigala yang bernama Fenrir.

Seperti pada seri sebelumnya, God of War Ragnarok menjadi media baru untuk menceritakan tentang mitologi. Memulai proses produksi pada tahun 2020, sepekan setelah syuting pertama, tim Santa Monica pun terkena lockdown.

Lalu, mereka harus berkreasi dalam pengambilan gambar. Contohnya, satu aktor memainkan lebih dari satu karakter untuk mengurangi jumlah personel di studio. Di seri ini, di luar misi utama, Kratos bisa menjelajahi Sembilan Alam. Setiap dunia menyuguhkan cerita, lewat dialog dan prasasti, yang saling berkaitan. Misalnya, kisah masa lalu Faye, istri Kratos, di Vanaheim.

Untuk memenuhi semua misi, utama dan sampingan, butuh lebih dari 70 jam. Pengembang tahu betul psikologi pemain. Usai pertarungan berat, kerap hadir dialog yang berisi humor segar. Misalnya, waktu Mimir, mantan pendamping Odin, mengajak Kratos bermain tebak-tebakan.